Selasa, 22 Juni 2010

"Revolusi Bola untuk Piala Dunia"

Sebelum Ekspansi Adidas di Piala Dunia, Bola Pertama di era Modern (mulai 1900), mirip bola basket. Masih dibuat dari kulit asli binatang. Missal kulit rusa.
Pada Piala dunia Pertama 1930 di Uruguay, bentuk bola berdesain T-shape. Maksudnya bola berbentuk hurup T dan memiliki 12 panel. Bola ini memiliki jahitan asli yang fungsinya agar bola bias di pompa. Kualitas bola di tahun itu jauh dari memuaskan…
Bahkan pada pertandingan final antara Tuan Rumah Uruguay versus Argentina memakai peraturan sendiri, dimana pada babak pertama menggunakan bola Uruguay dan dibabak kedua menggunakan bola Argentina. Jumlah panal 8 hingga 12 jauh dari kesan bulat.. jadi tentu saja pantulan dan hasil tendangan, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.


Spoiler for Penampakan:



Inilah Jenis" Bola Yang Telah dibuat Adidas dipiala dunia yang di klain Sebagai evolusi dari Bola yang bentuk ya
Paling Bundar sejak tahun 1970..


1. Adidas Telstar ( Piala Dunia 1970 di MEKSIKO )

Spoiler for MEKSIKO 1970:
Telstar adalah desain dari sepak bola yang dibuat oleh Adidas. Ini adalah salah satu dari dua pertandingan bola resmi dari Piala Dunia FIFA 1970 di Meksiko, bersama dengan Chile. The Telstar serupa Durlast adalah bola resmi Piala Dunia FIFA 1974 diadakan di Jerman Barat.

Itu dicat dengan panel hitam dan putih sehingga lebih terlihat di televisi hitam-putih. Nama Telstar (singkat untuk bintang televisi) berasal dari Telstar, salah satu satelit komunikasi pertama, yang kira-kira bola dan dihiasi dengan panel surya, agak mirip dalam tampilannya sepakbola. [rujukan?]

Ini adalah pertama Piala Dunia bola menggunakan bola ikosahedron dipotong atau Bucky untuk desain, yang terdiri dari 12 hitam pentagonal dan 20 panel heksagonal putih, yang kemudian menjadi desain rutin bola. bola lama telah terdiri dari kelompok garis, mirip dengan konfigurasi voli modern.

Meskipun terbuat dari kulit, itu masih memiliki kualitas relatif tahan air disediakan oleh durlast coating mengilat.

The Telstar dianggap sebagai klasik desain. Meskipun bola yang paling dalam pelaksanaannya hari ini terlihat berbeda, penggambaran dari bola dalam gambar seperti buku komik dan karikatur, serta imitasi hias bola, biasanya masih dibuat dalam tampilan Telstar, bersaksi untuk mengajukan banding abadi nya. Mungkin terinspirasi oleh balon karet yang digunakan oleh NASA untuk pendaratan pesawat luar angkasa pada air (penceburan) di 60's.



2. Adidas Telstar Durlast ( Piala Dunia 1974 di JERMAN )


Spoiler for JERMAN 1974:
Masih didominasi warna hitam. Desainnya hamper sama dengan Telstar 1970. masih ada pentagon dan heksagon nya.



3. Adidas Tango ( Piala Dunia 1978 di ARGENTINA )

Spoiler for ARGENTINA 1978:
Inilah revolusi baru adidas. Dimana untuk pertama kali bola sudah menggunakan 20 panel dengan motif hurup T, sesuai namanya Tango. Itu adalah bola yang paling mahal dalam sejarah, pada waktu itu, dengan tag harga £ 50. Seperti pendahulunya, Adidas Tango Durlast terbuat dari kulit asli dan menyombongkan diri dengan waterproofing coating mengkilap Durlast. Kualitasnya tahan disegala cuaca.


4. Adidas Espana ( Piala Dunia 1982 di SPANYOL )

Spoiler for SPANYOL 1982:
Dari bola lama, bola ini hanya ada sedikit perubahan dimana perubahannya itu bola lebih tahan dengan air ( anti air ).


5. Adidas Azteca (Dunia 1986 di MEKSIKO )


Spoiler for MEKSIKO 1986:
Ini adalah bola sintetis pertama dipiala dunia. Sangat stabil dan mengurangi penyerapan air. Desainnya terinspirasi dari arsitektur dan lukisan dinding suku Aztec.


6. Adidas Etrusco Unico (Dunia 1990 di ITALIA )


Spoiler for ITALIA 1990:
Bola berlapis polyurethane foam. Hasilnya bola ini anti air dan bisa melaju dengan kencan.

7. Adidas Questra (Dunia 1994 di USA )

Spoiler for USA 1994:
Adidas Questra, pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1994 di Amerika Serikat. bola itu populer dengan striker seperti yang dibuat untuk kecepatan dan kontrol namun kiper mengeluh unpredictability bola.



8. Adidas Tricolore (Dunia 1998 di PERANCIS )


Spoiler for PERANCIS 1998:
Adidas Tricolore, pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1998 di Perancis. Rancangan triad biru dihiasi dengan motif ayam jago mewakili warna bendera Perancis. Itu adalah bola pertama yang menggunakan warna dalam desain.



9. Adidas Fevernova (Dunia 2002 di KOREAJEPANG )

Spoiler for KOREA-JEPANG:
The Adidas Fevernova adalah pertama Piala Dunia Sesuai Ball sejak tahun 1978 untuk bagian dari desain tradisional Tango diperkenalkan pada tahun 1978. Tampilan warna-warni dan revolusioner dan penggunaan warna seluruhnya didasarkan pada budaya Asia. The Fevernova menampilkan lapisan busa sintaktis halus untuk memberikan bola karakteristik kinerja yang unggul dan tiga-lapis, chassis rajutan, yang memungkinkan untuk jalur penerbangan yang lebih tepat dan dapat diprediksi setiap saat.

bola ini terkenal dikritik karena terlalu ringan, namun beberapa gol spektakuler yang dicetak dengan itu selama turnamen. Bola juga dipersalahkan atas sejumlah gangguan yang terjadi di tiap pertandingan.





10. Adidas Teamgeist (Dunia 2006 di JERMAN )


Spoiler for JERMAN 2006:
Bola didesain oleh Adidas Innovation Team dan Corporation cair dan dibuat oleh Adidas, yang telah memberikan bola yang digunakan dalam semua pertandingan Piala Dunia sejak Piala Dunia 1970 ketika Telstar diperkenalkan. Bola + Teamgeist berbeda dari bola sebelumnya hanya memiliki 14 panel melengkung (membuat bola topologi setara dengan segi delapan dipotong), bukan 32 yang telah standar sejak tahun 1970. Di lain pertama, panel yang terikat bersama-sama, bukan dijahit. Hal ini diklaim sebagai pengadu dan untuk melakukan lebih seragam terlepas dari mana itu memukul, dan menjadi hampir kedap air, tidak mengubah kinerja sebanyak saat basah.





11. Adidas Jabulani (Dunia 2010 di Afrika Selatan )

Spoiler for AFSEL 2010:
Inilah bola resmi yang akan dipakai pada Piala Dunia Afsel 2010. sempat diklain sebagai bola paling bundar didunia.ini bola ke-11 yang diproduksi Adidas sejak ditunjuk FIFA sebagai pembuat resmi bola Piala Dunia.
Jabulani diambil dari kata ZULU ” untuk merayakan ” bagi yang memperhatikan sekila, Jabulani terlihat hanya punya dua warna. Yaitu hitam dan putih. Namun, secara detail Jabulani memiliki 11 warna berbeda. Dari angka 11 itu mempunyai makna dimana di afsel mempunyai 11 suku, 11 bahasa resmi, selain itu angka 11 merupakan jumlah pemain dalam setiap tim . Itulah kira” filosofi dari angka tsb. Bola ini menggunakan teknologi ‘Grip n Groove’ ( Elastis ). Tarpadunya alur lingkaran memberikan karakteristik yang tak tertandingi. Itu membuat Jabulani menjadi bola pertama yang paling stabil dan paling akurat yang perna dibuat adidas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar