Kejadiannya di Bandara Nippon OSAKA
Yang lebih MENAKJUBKAN Pesawat dan Penumpang TIDAK Terjadi apa-apa gan
SEPUTAR TEKNOLOGI PESAWAT ANTI PETIR
Seberapa sering pesawat disambar petir?
Diperkirakan bahwa rata-rata, masing-masing di armada pesawat komersial
AS terasa sedikit lebih dari satu kali per tahun. Bahkan, pesawat sering
memicu petir ketika terbang melalui sebuah daerah sangat bermuatan
awan. Dalam hal ini, lampu kilat petir berasal di pesawat dan meluas
jauh dalam arah yang berlawanan. Meskipun pencatatan yang miskin, usaha
kecil dan pesawat swasta dianggap kurang sering dipukul karena mereka
biasanya tidak mematuhi jadwal yang kaku.
Apakah petir menyebabkan pesawat untuk crash?
Mengkonfirmasikan terakhir kecelakaan pesawat sipil yang dikaitkan
secara langsung dengan petir di AS pada tahun 1967, ketika petir
menyebabkan ledakan tangki bahan bakar bencana. Sejak itu, banyak yang
telah dipelajari tentang bagaimana petir dapat mempengaruhi pesawat
terbang, dan teknik perlindungan telah membaik. Pesawat menerima satu
set ketat tes sertifikasi petir untuk memverifikasi keselamatan desain
mereka.
Apa yang terjadi ketika sebuah pesawat disambar petir?
Meskipun penumpang dan awak dapat melihat flash dan mendengar suara
keras, tidak ada yang serius harus terjadi karena proteksi petir hati
direkayasa ke dalam pesawat terbang dan komponen-komponen yang sensitif.
Awalnya, petir akan melekat ekstremitas, seperti hidung atau ujung
sayap. pesawat kemudian terbang melalui kilatan petir, yang reattaches
sendiri untuk pesawat di lokasi lain sementara pesawat dalam "sirkuit"
listrik antara wilayah polaritas berlawanan. Arus akan melakukan
perjalanan melalui kulit eksterior konduktif dan struktur pesawat dan
keluar dari beberapa ekstremitas lain, seperti ekor. Pilot sesekali
berkedip laporan sementara lampu atau gangguan pendek tinggal dengan
instrumen. Kami telah mendengar laporan aktivasi masker oksigen kabin,
tidak ada keraguan menakutkan bagi para penumpang.
Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir?
kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan
konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada
kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa
sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat.
Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan
sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal
ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau
layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara
menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.
jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen
lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik
penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan
terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior
pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada
lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang
sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar
pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel
atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak
langsung. Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel
dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan
alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan
yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan
pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi
terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di
negara asal pesawat.
Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di
mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu,
tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus
petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem
bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar
harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi
struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah
percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain.
Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus
dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan
bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus
diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar
baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak
digunakan.
Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen
penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk
insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa
terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh
aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip
ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan
konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome
itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir
lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara
signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi
seperti penangkal petir di sebuah bangunan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar